Hallo , apa kabar anda hari ini ? semoga tetap dalam keadaan sehat. Kali ini saya ingin menjelaskan sedikit tentang energy.
Dalam fisika, energi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha. Tak bisa dipungkiri, semua makhluk hidup tidak bisa hidup tanpa energy. Matahari merupakan sumber utama bagi kehidupan. Semua sumber energi yang digunakan oleh makhluk hidup dalam beraktivitas pada dasarnya berasal dari matahari. Pada tumbuh-tumbuhan, matahari digunakan dalam proses fotosintesis. Menurut ilmu biologi, fotosintesis adalah proses mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia kemudian menyimpannya dalam bentuk glukosa (gula atau karbohidrat). Dalam proses fotosintesis perubahan energi yang terjadi adalah karbondioksida dan air diubah menjadi glukosa oksigen dengan bantuan cahaya matahari dan klorofil. Reaksi kimia yang keseluruhan yang terlibat dalam fotosintesis adalah:
6CO2 + 6H2O (+ energi cahaya) -> C6H12O6 + 6O2.

Bagi manusia, matahari juga merupakan sumber energi utama. Selain berasal dari tumbuhan yang dimakan matahari juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, yang kemudian disebut sebagai pembangkit listrik tenaga matahari.

Pembangkit listrik tenaga surya merupakan salah satu solusi untuk menghemat energi. Pembangkit listrik tenaga surya adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkitan listrik bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung menggunakan fotovoltaik dan secara tidak langsung dengan pemusatan energi surya. Fotovoltaik mengubah secara langsung energi cahaya menjadi listrik menggunakan efek fotoelektrik. Pemusatan energi surya menggunakan sistem lensa atau cermin dikombinasikan dengan sistem pelacak untuk memfokuskan energi matahari ke satu titik untuk menggerakan mesin kalor.
Apa keuntungan menggunakan listrik dengan solar panel?
  • Mengurangi biaya listrik jangka panjang (inget loh, kita kan pakai listrik seumur hidup!)
  • Mengurangi ketergantungan pada listrik dari batubara (horeee...emisi karbon saya turun!)
  • Menghindari dampak pemadaman saat harus mengejar deadline, sementara komputer tidak bisa dinyalakan :-)
  • Sedikit pamer ke teman-teman kita bahwa kita sudah bergabung dengan komunitas pengguna solar panel sedunia! (huhuuuyy..coolll..!!!)
  • Turut mengurangi pemanasan global karena sistem solarpanel menghasilkan energi yang ramah lingkungan yang tidak menyebabkan polusi.
Hmmm... tapi kenapa pakai solar panel sih?
·         Mayoritas listrik yang digunakan di Indonesia berasal dari pembangkit listrik dengan bahan baku batubara. Masalahnya, dari proses ini dikeluarkan banyak emisi karbon yang merupakan sumber terbesar penyebab terjadinya pemanasan global (global warming).
·         Sementara, permintaan kita untuk listrik makin hari makin besar. Coba lihat berapa alat di rumah kita yang tidak bisa berjalan tanpa listrik, dari lampu, telepon genggam, TV, hingga AC dan kulkas. Belum lagi penggunaan listrik yang boros. Akibatnya, pembangkit listrik kita tidak mampu lagi untuk memberikan listrik sebesar permintaannya. Makanya pemadaman makin sering terjadi.
·         Di sisi lain, kita kan tinggal di negara yang kaya akan cahaya matahari yang dibuktikan secara geografis letak Indonesia di Garis Khatulistiwa sekaligus sebagai Negara Tropis. Kenapa gak kita maksimalkan saja penggunaan cahaya matahari yang diberikan gratis oleh Tuhan.